Met datang di pearlwhy blog,isi buku tamu n jangan lupa kasih komentar yaaa^^
15.48

Cara Download File Torrent

Posted by Pearlwhy

Apakah anda sudah tahu teknologi P2P alias "Peer to Peer" ? Jika belum, P2P adalah suatu kegiatan melakukan tranfer file atau saling bertukar file antar komputer-komputer yang terhubung ke Internet. Salah satu teknologi P2P yang paling ramai digunakan adalah menggunakan bittorrent (biasa disebut torrent saja). Bittorrent berbeda dengan software P2P lainnya, bittorrent tidak mempunyai central atau pusat. Bittorrent mempunyai konten pencarian yang lebih bebas, tidak seperti limewire yang hanya digunakan untuk mencari file multimedia saja.


Kebanyakan teknologi torrent ini digunakan oleh para cracker yang mau menyebarkan hasil cracknya (terhadap suatu software) ke seluruh dunia. Bagi anda yang suka menggunakan aplikasi / program yang bersifat crack, ada baiknya anda menggunakan client torrent ini :-) Bagi anda yang memiliki suatu file yang ingin anda share, anda bisa menggunakan bittorrent ini dengan cara memasukkan file tersebut ke dalam list situs torrent (contohnya : http://thepiratebay.org/). Dari daftar list yang ada pada situs tersebut maka file dapat diambil dengan mengunakan program Bittorrent.


Mendownload file melalui bittorrent akan lebih cepat daripada mendownload file secara normal, hal ini bisa dianalogi dari cara kerja teknologi torrent seperti ini : "andaikan ada seratus orang yang menginginkan sebuah buku. Buku tersebut memiliki halaman sejumlah dua ratuslembar. Dalam jaringan torrent, agar semua orang memperoleh buku tersebut, pemilik awal ( seeder dalam istilah torrent ) hanya perlu memberikan bagian-bagian dari buku tersebut kepada semua orang yang membutuhkannya ( Leecher ),misalkan dua halaman untuk satu orang. Kemudian para leecher, sembari mendownload juga mengupload kepada sesama Lecheer. Akhirnya dari awalnya buku tersebut hanya berjumlah dua ratus lembar, bisa saja menjadi puluhan ribu lembar, sehingga memudahkan pertukaran lembaran antara leecher dan seeder, ketersediaan dari pecahan-pecahan file inilah kunci kecepatan torrent"

Jadi, lancar atau tidaknya proses mendownload itu sangat bergantung dengan jumlah potongan-potongan file yang ada. Yang juga bergantung pada jumlah orang yang masih tinggal dalam jaringan tersebut, baik setelah maupun sebelum downloadnya selesai. Karena inilah, torrent ini bisa dibilang bergantung sepenuhnya dengan komunitas yang mengadakan aktifitas download tersebut. Semakin banyak yang masih tinggal di jaringan tersebut, semakin cepat proses download. Dan karena inilah disarankan, bahkan wajib, untuk ikut tetap membagikan file kita yang telah selesai kita download tersebut dengan tidak keluar jaringan (menutup aplikasi ) hingga jumlah yang kita upload minimal sama dengan yang kita download.

Secara umum ada 2 langkah yang mesti dilakukan untuk mendownload file torrent :
1. Pastikan anda mempunyai aplikasi client torrent, apabila belum punya silahkan download salah satu dari aplikasi client torrent di bawah ini :
Azeurus (10.1 MB)
Bittorrent (13.56MB)
Utorrent (267 KB)
BiComet
(5.10 MB)
Foxtorrent (plugin firefox)
Turbotorrent



2. Cari file yang ingin anda download dari torrent (seperti aplikasi, mp3, video, film, dll) dari situs penyedia atau pengumpul file torrent seperti :
http://www.mininova.org/
http://www.torrentfreak.com/
http://www.torrentz.com/
http://torrentscan.com/
http://2torrents.com/

Untuk situs torrent yang aktif bisa dilihat sepenuhnya disini



Cara pakainya adalah sebagai berikut :
- Buka salah satu situs di atas dan cari file torrent yang ingin anda download
biasanya berekstensi *.torrent) dan klik DOWNLOAD THIS TORRENT
- Setelah itu download dan simpan torrent tersebut di komputer anda
- Buka aplikasi client torrent dan klik file torrent yang baru di download tadi
- Setelah itu aplikasi client torrent akan membaca file tersebut dan klik OK untuk memulai download file yang anda inginkan tadi



Sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan jaringan bebas seperti bittorrent (P2P) seperti ini. Hal ini dikarenakan komputer kita terkoneksi secara langsung ke komputer orang yang menyediakan file yang kita download. Bisa jadi kita terkena virus atau malware yang ada di komputer orang tersebut


Istilah-istilah dalam torrent :
1. tracker : berfungsi sebagaiserver yang mengatur lalu lalang dai potongan-potongan file torrent tersebut
2. Peer : hubungan peer-to-peer pada komputer, artinya orang yang dalam mendownload tersebut terkoneksi secara langsung dengan kita, entah sebagai pendownload maupun pengupload kepada kita
3. swarm : jumlah keseluruhan orang yang terlibat dalam jaringan yang tercipta dari aktifitas download kita tersebut


Sumber : http://learnsimply.wordpress.com/2008/04/29/serba-serbi-bittorrent/
http://ilmugratis.wordpress.com/2007/12/28/cara-pakai-bittorent/

22 Komentar:


Show/Hide Komentar

Yadi Saja mengatakan...

oh begitu yah

Pakacil mengatakan...

pakai browser opera kan bisa langsung juga?

blackblues mengatakan...

@ yadhi : haha, rame pake torrent
@ pakacil : lawas kada makai opera nah, masa bisa?

andreas mengatakan...

makasih atas infonya

blackblues mengatakan...

@ andreas : yup,sama2

Anonim mengatakan...

thank a lot untuk pencerahannya....

Anonim mengatakan...

@pakacil
Bisa tapi kurang mantab, soalnya kemampuan ngunduh lewat torrent ibaratnya kan kemampuan tambahan
Informasinya juga terasa kurang lengkap

Anonim mengatakan...

Gue dari dulu pakai IDM, emang sih kata temen2 pakai torrent jauh lebih cepat,. gue udah berkali-kali nyobain tp gagal mulu ampe kepala botak..tak...tak...pusing gue pakai torrent, ribeeeettt...beeeett...beeettthttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/102.gifhttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/102.gifhttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/102.gif

jasa translator mengatakan...

Wah, makasih infonya bro. Main2 ke kandangku bro
mengembalikan jati diri bangsa

EMMMMMMMMMMMM mengatakan...

KEMALAN MAZ..............

corporate sufi attayaya mengatakan...

wah aku blom bisa berhasil

long time no see bro

blackblues mengatakan...

@anonim : haha.. makai torrent perlu kesabaran bro, gak bisa sembrangan sih. mesti bnyak settingnya
@jasa : sama2, udah main2nya tuh :)
@attayaya : coba lagi bro, hehe
iya nih, lama gak ngeblog soalnya ^^

sittin mengatakan...

bingung....berusaha paham maklum masih baru, mas

Anonim mengatakan...

makasih yach artikelnya, sangat membantu buat saya.

Unknown mengatakan...

Mantapz Gan...

Anonim mengatakan...

makasih mas bermanfaat sekali. skrng sy bisa mendownload file2 yg gada di situs2 biasa. tp setelah diextact ko minta password. gmn nih mas?

Mr.Verizon mengatakan...

Thans For sharing...

aam mengatakan...

i like this . thks

Anonim mengatakan...

gan ane maw nanya nie, gw coba pake torrent sukses besar.. file yg ane download adobe dreamweaver cs5 file 326mb... cm kok lama ya proses downloadnya(pakai utorrent), lalu satu lg saat proses sdg berlangsung, internetku jadi super lambat.. loading trus g masuk2 webnya sampai pagipun sama. tapi saat downlaod torrentnya slesai (dari jam stgh 9malam-8pagi), ane close torrentnya dan kecepatan internet ane langsung lacar jaya lagi. emang internet ane kepake ama org2 laen ya klopake torrent kan katnya istilah dari komputer ke komputer. mohon pencerahannya... thx ^_^

Anonim mengatakan...

download adobe cs file 326mb, kok lama betul itu download ditorrent, aku aja kalo download file di situs luar negeri file 400mb aja cuman 2 jam selesai, internet ku pake telkomsel, speed 2mbps

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

Qorisme mengatakan...

salah satu client torrent yang bagus menurut gw adalah vuze, kita bisa download sambil chatting kesesama swarmers

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).